Home Top Ad

Siap membantu para takmir

Perselingkuhan

Share:

Perselingkuhan
Oleh: Mustaien, S.Pd, S.Ud

"Indahnya tak terkira
Walau kadang membebani rasa
Nikmatnya begitu terasa
Meski akhirnya ada cerita luka
Entah dari dia yang setia
Ataupun dari dia yang mendua
Tapi inilah cinta
Yang dapat merusak jiwa." Begitulah sepenggal puisi perselingkuhan.
Perselingkuhan adalah hubungan seksual atau aktivitas seksual lainnya yang dilakukan individu yang sudah menikah dengan orang lain yang bukan suami atau istrinya. Walaupun demikian, pengertian "berselingkuh" dapat berbeda tergantung negara, agama, dan budaya.
Ada 5 alasan mengapa seseorang berselingkuh, berdasarkan survei yang dilakukan Julia Omarzu, psikolog dari Loras College, bersama tim penelitinya:
1. Kurangnya kepuasan seksual dalam pernikahan, dan hasrat untuk hubungan seksual tambahan.
2. Kurangnya kepuasan emosional dalam pernikahan.
3. Hasrat untuk mendapatkan rasa penghargaan dari orang lain.
4. Tidak lagi cinta dengan pasangannya dan menemukan cinta yang baru.
5. Balas dendam.
Dalam sebuah hubungan yang sudah terlanjur ‘sekarat’, keinginan untuk menyakiti pasangan yang (atau dicurigai) berselingkuh.
Bagi orang yang berkata jika selingkuh adalah hal indah, pada kenyataannya hanya dirasakan pada orang yang menjalani perselingkuhan tersebut.
Namun bagi pasangan yang sudah dikhianati, maka hanya akan merasa sakit hati dan menderita akibat pasangan yang berselingkuh tersebut.
Selingkuh dalam Islam memiliki arti berkhianat, dan tidak memegang amanat yang sudah diberikan pada pasangannya untuk setia.
perbuatan selingkuh itu adalah perbuatan yang sangat dekat kepada zina, bahkan bisa jadi perbuatan selingkuh tersebut berupa zina yang berulang-,ulang dilakukan oleh seseorang. Selingkuh akan menjadi jalan yang cepat untuk memastikan seseorang masuk ke neraka apabila ia tidak bertaubat. Itu adalah akibat selingkuh bagi wanita dan juga bagi pria. Dalam satu hadits, Nabi Muhammad menyatakan bahwa dalam salah satu mimpinya, beliau melihat hukuman yang diberikan Allah kepada pelaku zina. (HR. Bukhari).
Bagi umat Islam, sudah jelas bahwa selingkuh akan mendapatkan hukuman yang berat. Agar tidak mengalami hukuman karena berselingkuh, cobalah lakukan beberapa hal yang sesuai dengan kaidah agama.
Wallahu a'lam ..

Tidak ada komentar