Home Top Ad

Siap membantu para takmir

MANEJEMEN AKAL DAN QOLBU

Share:








MANEJEMEN AKAL DAN QOLBU
Ketua lembaga dakwah fiad Drs.H Imam Ghozali, MM. telah memberi pencerahan atau pembinaan untuk menjernihkan pikiran dan meneguhkan keimanan dalam kajian rutin malam minggu ( Kuntum ), yang telah diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa studi Agama-agama fakultas Agama islam UMS, pada hari sabtu, tanggal 9 Desember 2017,pukul 19.00 wib ( bakda Isya’ ) di Masjid KH Mas Mansur UMSurabaya jl sutorejo 59 surabaya, dalam pembahasan manajemen akal dan kolbu.
Manajemen atau pengelolaan akal dan kolbu sama2 bertujuan untuk mengoptimalkan daya guna keduanya,sehingga keduanya dapat menuntun empunya akal dan hati kearah yang tujuannya baik. Keduanya ini memiliki kandungan positif dan negative.
Akal yang positif akan selalu berfikir yang baik dan akan dapat menghantarkan manusia mengenali semua tanda2 kekuasaan nya lewat segala yang di ciptakannya, sedangkan kolbu yang positif akan selalu dapat ketentraman, sabar, empati, kasih sayang dan bisa menghantarkan manusia mencapai kehadiratNya.
Sekarang akal yang negative, mereka bisa menjadikan manusia menipu manusia yang lain,akal-akalan yang digunakan hanya untuk kesenangan dirinya, jika tidak digunakanpun ini akan menjadikan manusia di sebut gak punya otak,entah wujudnya itu merugikan atau mengganggu orang lain. Sedangkan hati yang negative adalah tempat bersarangnya dengki, iri ,hasut, kikir , sombong, dendam, amarah juga tempat2 selemah-lemahnya iman. Sifat negatifnya sudah tentu berlawanan dengan potensi positifnya, jadi disinilah saya kira pentingnya manajemen/pengelolaan Akal dan Qoilbu.

Tidak ada komentar