Home Top Ad

Siap membantu para takmir

MENGGUNUNG DIRI DI MASJID

Share:







MENETAP DI MASJID
Makna itikaf secara bahasa itikaf berarti menetap,mengunung diri atau menahan diri di Masjid Sedangkan menurut pengertian syar,I itikaf yaitu menetapnya seorang musli/muslimah yang berakal sehat yang tidak sedang berhadats besar di dalam masjid untuk melakukan ketaatan kepada Allah swt dengan cara2 tertentu.
Hukum itikaf: para ulama sepakat bahwah itikaf adalah salah satu bentuk ketaatan dan taqarrub kepada Allah yang sangat dianjurkan baik bagi laki2 maupun perempuan, khususnya di bulan ramadhan.dan mengenai hokum itikaf, para ulama membaginya menjadi dua macam yaitu wajib dan sunnah.
1.      Itikaf wajib ialah yang sertai dengan nadzar, hal itu disebabkan karena menepati nadzar itu wajib.
2.      Itikaf sunnah ialah itikaf yangt dilakukan oleh seorang muslim secara sukarela dalam rangka bertaqarrub kepada Allah dan dalam dan dalam rangka berqudwah pada rasulullah saw.
Sementara  itikaf di bulan ramadhan  khususnya di sepuluh akhir hukumnya adalah sunnah muakkadah. I,tikaf wajib harus di laksanakan sesuai dengan nadzar yang telah diucapkan, sedangkan itikaf sunnah, tidak ada batasan waktu tertentu untuk pelaksanaanya.

Tidak ada komentar